Review Buku : Natsumin, Si Gigi Geraham




"Aduuh!" Tiba-tiba Natsumin mengerang kesakitan. Ternyata gigi gerahamnya berlubang. Si kuman gigi sangat suka makanan manis.



 Assalamualaikum wr.wb


Rasanya udah lama banget gak pernah nulis review. Kali ini saya mau nulis review buku anak berjudul NATSUMIN, SI GIGI GERAHAM. Buku ini termasuk kategori buku anak dengan rentang usia 1-5 tahun. Sebelumnya saya ingin menjelaskan dahulu mengenai buku ini. Buku bergambar yang dalam bahasa jepang di sebut Ehon ini adalah sebuah bentuk  CSR (Corporate Social Responsibilty) dari tempat saya bekerja. Dibagikan kepada setiap karyawan yang memiliki anak balita, jadi mungkin tidak akan bisa di dapatkan dimanpun karena buku ini memang tidak di perjualbelikan.



Pertama kali melihat buku ini, Ale sangat antusias sekali dan gak sabar untuk melihatnya. Ale memang selalu semangat kalau saya membelikannya buku baru termasuk ketika saya membawa pulang Ehon ini. Biasanya ia langsung minta di bacakan saat itu juga. Saya sendiri suka  banget dengan buku ini karena membawa pesan yang sangat bagus  untuk anak. Apalagi Ale susah untuk di ajak menyikat giginya saat mandi. Saat saya membacakan isi buku ini, saya berusaha agar membaca dengan intonasi yang seru namun tanpa terdengar menggurui agar Ale paham isi buku tersebut. Lambat laun Ale pun mengerti bahwa terlalu banyak makan manis bisa berakibat buruk untuk giginya. Terkadang ia minta di bacakan berulang kali dan kami oun membahas hal yang sama lagi dan lagi. 


ISI BUKU

Buku ini bercerita tentang perjalanan si gigi geraham setelah mendapati dirinya berlubang dan pemiliknya menolak di obati karena takut. Di malam yang ajaib Natsumin berhasil kabur dari mulut si anak dan mengalami perjalanan seru bersama sikat gigi terbang hingga sampai luar angkasa. Secara garis besar, isi buku ini menarik dan membuat imajinasi anak berkembang. Gaya bercerita pun ringan dan gak bertele-tele, karena memang usia balita seharusnya di berikan cerita yang sederhana dan mudah di tangkap oleh daya pikirnya.

ISI GAMBAR






ambar ilustrasi di buku ini buat dengan ukuran besar  memenuhi halaman dengan huruf yang dibuat pas. Anak memang  paling tertarik dengan gambar yang besar. Ilustrasinya di buat sederhana  dan mudah di pahami. Ale paling suka menunjuk gambar di halaman empat, dimana terdapat gambar sebuah gigi yang sedang mengerang kesakitan sementara kuman sedang menari di atasnya. Buku ini  di dominasi warna pink dan ungu tapi gak terlihat girly kok. 

COVER DAN HALAMAN

Buku ini berukuran kertas A4 dengan hardcover jadi gak akan mudah sobek, Buk. Mudah di bersihkan juga jika terkena debu. Kertas halaman dalamnya juga dilaminasi doff jadi tidak mudah kotor. 


Secara keseluruhan menurut saya buku ini bagus sekali dan ini menjadi bacaan favorit Ale lho. Sesekali ia minta di bacakan berulang-ulang. Sebagai orang tua saya pasti senang sekali dong, ada rasa haru karena merasa berhasil membuat Ale menyukai buku. Selain memperkuat bonding antara anak dan orang tua, membacakan buku juga memiliki banyak manfaat lho. Yuk, ayah dan bunda jangan ragu untuk membacakan buku ya.


Detail :

Penulis : Motoko Matsuda

Tahun terbit : 2019

Alih Bahasa : Tim PT Sugity Creatives

Keterangan : Tidak Di jual belikan






Posting Komentar

7 Komentar

  1. ilustrasinya menarik nih, cocok buat anak anak yg malas sikat gigi :D

    BalasHapus
  2. Cocok untuk anak-anak, selain di ceritakan, ananda juga memahami manfaat merawat gigi dan tentunya dia juga jadi cinta sama buku. Mantap...

    BalasHapus
  3. Cocok untuk ponakanku yang suka makan permen nih, sampe giginya gak karuan begitu. Masih kecil tp udah ompong, hihih, Ilustrasinya bisa membantu kita memberikan pemahaman kepada anak ya kak, betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi

    BalasHapus
  4. wah ini edukatif sekaliii buat bujuk si kecil untuk rajin sikat gigii. pembahasannya informatif tapi tetep ringan ya, Bundaa

    BalasHapus
  5. Ceritanya seru banget ya, kisah fantasi tuh bikin anak-anak semangat.. Sayang nggak dijual bebas ya bukunya..

    BalasHapus
  6. Buku bergambarnya ceritanya seru banget... Sekalian edukasi ke anak ttg gigi...

    BalasHapus
  7. Wah ini bukunya menarik banget buat anak-anak, gambarnya itu bikin gemes

    BalasHapus