Advertisement

Ajak Si Kecil Ke Bioskop? Jangan Lupakan Hal Ini Ya Mams..

Assalamu'alaikum.. 

Kemarin sempat viral di jagat twitter tentang protes seorang penonton yang kenyamanannya terganggu karena kehadiran anak-anak di dalam bioskop. Sejurus kemudian rame dan menjadi perbincangan hangat warga twitter yang pro dan kontra. 

Menonton di bioskop menjadi  salah satu hobi saya dan suami yang sejak pandemi terhenti sementara. Sejak peraturan mulai longgar, saya dan pak suami memang berencana untuk mengenalkan Ale dengan bioskop. Karena ini adalah pengalaman pertamanya ke bioskop maka hari sebelumnya saya berikan penjelasan tentang situasi dan suasana yang akan ia temui saat menonton supaya gak kaget. Hasilnya sepanjang film Ale bisa mengikuti dengan tenang tanpa berisik. 

Seiring dengan ramainya berita di atas, ada beberapa hal yang sebaiknya orang tua perhatikan sebelum mengajak si kecil ke bioskop, yaitu :


1. Pilih film sesuai umurnya

Penting untuk di ingat ya mams, tujuan kita ke bioskop adalah pengenalan untuk anak maka bijaklah untuk memilih jenis film yang sesuai umurnya. Orang tua sebaiknya tidak egois dengan membawa anak ke bioskop tapi dengan tayangan penuh dengan kekerasan dan adegan yang belum pantas ia lihat hanya untuk memenuhi keinginan orang tua. 




2. Sounding Tentang  Suasana Di Dalam Bioskop

Hal ini saya lakukan sehari sebelum kami berangkat. Jelaskan tentang suasana gelap yang akan ia temui saat film di mulai. Suara menggelegar yang akan ia dengar. Hawa dingin yang akan ia rasakan selama di dalam. Hal ini saya terapkan agar ia tidak kaget dan panik. Pastikan si kecil sudah terbiasa dengan kegelapan ya mams. 


3. Awasi Anak Tiap Saat Dan tanyakan Keadaannya

Karena agenda ini khusus untuk si kecil maka saya gak terlalu fokus untuk mengikuti film dan lebih fokus mengawasi si kecil. Rentang film yang panjang terkadang membawa kebosanan bagi si kecil. Tanyakan keadaannya, apakah ia merasa bosan, dingin, takut atau ngantuk. 

Jika si kecil mengalami hal di atas ajaklah ia keluar sebentar untuk mencari suasana baru atau ke toilet. Saya dan suami sudah mempersiapkan skenario terburuk jika Ale mengalami tantrum karena bosan, salah satu dari kami harus menyudahi agenda ini dan membawanya pergi agar tidak menganggu penonton lainnya. Alhamdulillah, sepanjang film ia bisa mengendalikan dirinya dengan baik. Kalaupun merasa takut, ia segera menyembunyikan wajahkan ke sandaran kursi. 




4. Persiapkan Camilan Dan Sweater

Durasi film yang lama bagi si kecil tentunya akan membuat ia merasa lapar. Jangan lupa untuk menyiapkan camilan dan minuman yang tersedia di lounge. Persiapkan juga sweater hangat untuk berjaga-jaga jika si kecil mendadak kedinginan. 


5. Pilih Barisan Kursi Yang Nyaman

Sebagai penonton dewasa orang tua pastinya punya barisan kursi favorit untuk menonton ya. Begitu juga saat mengajak anak ke bioskop, pilihlah barisan kursi yang nyaman. Kursi sebaiknya tidak terlalu pinggir agar mata anak tidak lelah. Jangan juga memilih barisan terdepan agar si kecil tidak mendongak saat menonton. Pilihlah kursi tengah agar pandangan si kecil lurus terhadap layar dan speaker tidak terlalu dekat dengan telinga. 



6. Pilih Bioskop Yang Ramah Anak

Point  di atas adalah gambaran bioskop pada umumnya dimana tentu mengutamakan kenyamanan menonton. Orang tua juga kini memiliki pilihan jika ingin mengajak si kecil nonton di bioskop. 

Belakangan ini sudah hadir bioskop yang ramah anak dengan menyediakan arena bermain di dalamnya sehingga si kecil tidak jenuh. Mams bisa cek di instagramnya Cinepolis dan memilih bioskop yang terdekat dengan lokasi mams. 

Karena memiliki konsep bioskop anak, tentunya orang tua tak perlu pusing dengan pilihan film maupun penonton di dalamnya yang sudah pasti di sesuaikan ya. 




Demikian sefruit tips mengajak si kecil ke bioskop ala saya. Jangan lupa ajak si kecil ngobrol setelah film selesai ya mams, tujuannya sih agar ia tak terpaku dengan adegan yang ia lihat. Berikan gambaran mana yang baik dan tidak baik dari keseleruhan cerita.  Semoga bermanfaat dan bisa di terapkan oleh mams semua. Jika mams punya tips lain yuk berbagi di kolom komentar. 




Selamat menonton. 


Pic source : 

Cinepolis IG

Dok. Pri

Pexel





Posting Komentar

4 Komentar

Ardi Kafha mengatakan…
Saya tetep tak bisa membayangkan ajak si kecil ke bioskop...hehehe. Bayangin ribetnya.
Dewi Rieka mengatakan…
Anakku usia SD awal juga kuajak nonton dan tentu saja film pilihan dia ya soalnya pasti rewel dan bosan kalau filmnya pilihan kita bisa rusuh kalau di dalam nanti. Kalau anak masih bayi dan balita mending tunggu saja ortunya sampai mereka cukup umur ya
@aryanty.r mengatakan…
Aduh gimana ya ๐Ÿคจ pasti gak nyaman bayinya. Kasihan. Orang-orang juga jadi terganggu. Wah saya belum pernah ke bioskop lagi sejak 2009. ๐Ÿ™ƒ
April Fatmasari mengatakan…
Makasih tipsnya, Mbak.... Usia berapa itu diajak nonton? Saya masih belum berani ajak anak, soalnya biasanya lama juga durasi filmnya ya